cret-men / diare

January 5th, 2008 | by kangdiman |

beberapa hari ini banyak banget korban diare, mulai dari temen kantor ampe cinta..apa sih diare itu …yang jelas ya mencret..ini ada beberapa penggalan tentang cretmen aq ambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Diare

DIARE :

Kondisi ini dapat merupakan gejala dari luka, penyakit, alergi (fructose, lactose), penyakit dari makanan atau kelebihan vitamin C dan biasanya disertai sakit perut, dan seringkali enek dan muntah. Ada beberapa kondisi lain yang melibatkan tapi tidak semua gejala diare, dan definisi resmi medis dari diare adalah defekasi yang melebihi 200 gram per hari.

Hal ini terjadi ketika cairan yang tidak mencukupi diserap oleh “colon”. Sebagai bagian dari proses digestasi, atau karena masukan cairan, makanan tercampur dengan sejumlah besar air. Oleh karena itu makanan yang dicerna terdiri dari cairan sebelum mencapai colon. Colon menyerap air, meninggalkan material yang lain sebagai kotoran yang setengah padat. Bila colon rusak atau “inflame”, penyerapan tidak terjadi dan hasilnya adalah kotoran yang berair.

Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Dalam kondisi hidup yang bersih dan dengan makanan mencukupi dan air tersedia, pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus umum dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam-jiwa bila tanpa perawatan.

Dia juga dapat merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius, seperti disentri, kolera, atau botulisme dan dapat juga merupakan tanda dari sindrom kronis seperti penyakit Crohn.
Dia juga dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, terutama dalam seseorang yang tidak cukup makan.

Perawatan untuk diare melibatkan pasien mengkonsumsi sejumlah air yang mencukupi untuk menggantikan yang hilang, lebih baik bila dicampur dengan elektrolit untuk menyediakan garam yang dibutuhkan dan sejumlah nutrisi. Untuk banyak orang, perawatan lebih lanjut dan medikasi resmi tidak dibutuhkan.

Diare di bawah ini biasanya diperlukan pengawasan medis:

  • Diare pada balita
  • Diare menengah atau berat pada anak-anak
  • Diare yang bercampur dengan darah.
  • Diare yang terus terjadi lebih dari 2 minggu.
  • Diare yang disertai dengan penyakit umum lainnya seperti sakit perut, demam, kehilangan berat badan, dll.
  • Diare pada orang bepergian (kemungkinan terjadi infeksi yang eksotis seperti parasit)
  • Diare dalam institusi seperti rumah sakit, perawatan anak, institut kesehatan mental.

============

bikin puyeng emang tuh penyakit, cinta ampe aq bawa ke dokter dokternya baik dah tua mau aq ajak diskusi mulai dari oralit ampe oralit modern (pocari dsb). tapi mahal juga biayanya…hehehe..

semalem aq juga cretmen tapi alhamdulillah pagi ini dah baik meski dikit lemes, ampe NOC komendan NOC malah sms nggak bisa masuk tau sebabnya penyakitnya sama : DIARE…cepet sembuh yo ndan..

  1. 9 Responses to “cret-men / diare”

  2. By andi bagus on Jan 6, 2008 | Reply

    jadi tetep mejaga kondisi kesehatan kita selagi sehat..tul kan ??

  3. By kangdiman on Jan 6, 2008 | Reply

    yup tul bos….sapa juga yang mau sakit dan sapa juga yang nggak mau sehat, nikmatnya sehat ketika kita melihat orang sakit…:)

  4. By The Sandalian on Jan 6, 2008 | Reply

    Wah, rumpun juga kena cretmen lho mas.
    Ketularan sopo yo? 😀

  5. By kangdiman on Jan 6, 2008 | Reply

    kl si pupun karena kebanyakan tekita…botol2nya juga di telan..;))

  6. By Roempoen on Jan 7, 2008 | Reply

    betul kang…
    aku gak minum tekita sama botolnya aja koq….listrik2 juga tak isep makane njeglek terus
    wakakakka 😀

    kapan ya kita memantai ato menggunungnya…
    itu layak diulangi lagi :-w

  7. By Anang on Jan 7, 2008 | Reply

    kesehatan itu mahal harganya… yuk mulai menjaganya

  8. By kangdiman on Jan 7, 2008 | Reply

    betul om anang, sapa juga mau bolak balik ke wc mending ngendon depan laptop update2 blog ama setup adsense..kekekekek..tul nggak pun …

  9. By agung sedayu on Jan 8, 2008 | Reply

    cah gede kok diare

  10. By kangdiman on Jan 8, 2008 | Reply

    woalah lik…situ yang ngajari…gmn memanage cretmen yang baik :)

Post a Comment